kenapa Harus Kuliah

maha.jpgKenapa harus kuliah sebentar? (Tanya kenapa?)

Seringkali orang bertanya kepada saya,
“Sudah semester berapa kuliahnya?”
“Sudah lima semester” (anggap saja)
“Wah, tinggal 3 semester lagi ya.”

Saya sejujurnya heran dengan orang-orang yang mau cepat-cepat lulus, karena terus terang saja saya takut ketika saya tidak lagi menyandang status sebagai mahasiswa. Saya benar-benar ngeri(ni beneran loh) membayangkan saya dengan menggunakan kemeja lengan panjang lalu berhadapan dengan tim pengembang(developer), lalu dengan source code, kemudian dengan tim pengembang lagi, lalu dengan source code lagi, begitu terus dan terus. Saya akan jelaskan kenapa?

Kenapa saya suka status mahasiswa:

1. Ada passive income.
Sejujurnya dan se-etikanya mahasiswa di “timur”, normalnya kedaan finansialnya disuplai ketika masih duduk di bangku pendidikan. Ketika kita bekerja, secara etika juga kita tidak boleh mendapat uang lagi dari orang tua, jadi kalau money management masih berantakan, ya ngak apa-apa, toh masih mahasiswakan, coba kalo udah kerja, “ih ngak tau malu”,”ngak mandiri”,”sampah masyarakat(untuk kaum sarcasme)” dll.

2. Tanggung jawab yang dipikul.
Ketika kita sudah kerja, orang akan memandang kita sebagai manusia. Manusia yang sudah boleh menerima tanggung jawab, karena kita sudah terhitung sebagai “manusia”. Jadi saya merasa tanggung jawab akan lebih dashyat

3. Kehilangan idealisme.
Saya banyak mengamati komentator orang, seringkali orang mengkomentari bahwa kita terlalu idealis karena masih mahasiswa, saya jadi berpikir, apa arti idealis itu? lalu saya mengamati apakah betul statement itu. Ternyata benar, dari beberapa orang yang saya sample dari populasi(duh, statistikanya keluar), saya melihat bagaimana drastisnya perbedaan cara pandang mahasiswa dengan “manusia produktif”, saya merasa cara pandang mereka begitu pesimis, begitu tidak idealis, ketika ditanya jawaban biasanya “ah, lu belom kerja aja. Teori di buku ama kerja di lapangan beda tahu”. Sejujurnya saya orang idealis dan saya suka dengan keidealismean saya, saya suka bahwa saya bisa memandang dunia dengan pandangan optimis. Saya sangat takut kehilangan keidealisme-an saya.

4. Masa-masa romance.
Ini alasan yang saya anggap lucu untuk diterangkan, mengingat status j*m**o yang saya sandang dan keadaan saya sekarang. Jujur aja ya, menurut saya masa-masa yang paling enak adalah masa kuliah. Jangan membayangkan kaya di TV dimana masa kuliah berarti memakai pakaian bebas terus tidur begadang(eh ini bener deh), sport dll (pokoke kaya di TV gitu lah). Kenyataannya di kampus cukup untuk membuat mabok, keluar dari lab jam 9 malam, mandi terus tidur kaya balok kayu tepar, gitu terus tiap hari, kapan waktu cari pacarnya?(kenyataan itu pahit) Karena ketika kita kerja nyari pasangan susah(kata orang). At least ketika kuliah sudah lebih mateng dari anak SMA.

5. Bisa banyak belajar
Kalau menyandang status mahasiswa artinya boleh salah untuk tidak mengulanginya lagi, kalo kerja, lu bisa siap-siap angkat kaki karena di-out. (Ini pribadi ya)Tapi yang penting saya terhindar dari yang namanya Biologi, Sosiologi, logi-logi aneh yang muncul secara ajaib bin gaib, yang bukunya tebal, membingungkan dan anehlah. Soalnya saya lemah di biologi jadi masalah nama-nama syaraf, penyakit, obat dan buku kedokteran yang tebalnya kaya yellow pages(mind you, hari genee udah ada yang namanya search engine boss), kiranya itu dijauhkan dari padaku dan Tuhan untungnya berbaik hatinya.(no offense untuk anak kedokteran, peace).

6. Mahasiswa dimanja
Di beberapa kesempatan yang namanya mahasiswa itu dimanja abis loh, dapat gratis lah, dapat pemotongan dll. Contohnya aja dapet OS asli, udah diregister lagi, kadang harga tiket cuma 50%. Di sisi lain, kalau misalnya mau ngambil sertifikasi kita bisa dapat diskon. Main lebih murah. Tidak enak apa lagi tuh.

7. Dianggap kaum intelektual
Ini entah kenapa pandangan publik(atau saya yang gr kali ya?) saya merasa mahasiswa dianggap kaum intelektual, sedangkan kalo udah kerja dianggapnya sebagai orang biasa. Nah, karena saya suka dianggap intelek, maka saya merasa menjadi mahasiswa itu enak banget loh.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s