menjadi mahasiswa berprestasi

ooo.jpgSejarah mencatat, mahasiswa tidak bisa lepas dari sejarah berdirinya bangsa Indonesia. Pergerakan bangsa indonesia dimulai dari pergerakan mahasiswa. Generasi muda adalah penentu perjalanan bangsa di masa berikutnya. Mahasiswa sebagai inti dari generasi muda, mempunyai kelebihan dalam pemikiran ilmiah, selain semangat mudanya, sifat kritisnya, kematangan logikanya, dan ’kebersihan’ –nya dari noda orde masanya. Mahasiswa adalah motor penggerak utama perubahan. Mahasiswa diakui perannya sebagai kekuatan pendobrak kebekuan dan kejumudan masyarakat.

Civitas akademika adalah elemen yang sangat penting dalam menunjang pelaksanaan pembentukan sumber daya yang handal. Akan tetapi, belum mencakup aspek yang beragam lainnya. Dengan modal tersebut diharapkan bisa mengembangkan dalam berbagai aspek dengan peran-peran yang berpengaruh seperti dalam bidang ilmu sosial, budaya, dengan tidak meninggalkan nilai-nilai pendidikan serta sains. Mahasiswa yang termasuk ke dalam civitas akademika harus berada di garda terdepan dalam upaya menopang pembentukan karakter yang positif, berkontribusi dalam perubahan yang lebih baik dalam semua tataran.

Corak kemahasiswaan tidaklah lepas dari budaya yang sangat istimewa (kritis, aktif, dinamis, kreatif, inovatif, dsb.), sayangnya pada masa sekarang virus-virus negatif telah melunturkan budaya keistimewaan tersebut, pemikiran kritis mahasiswa yang mulai hilang dan mengakibatkan mandulnya ide dan gagasan, sehingga perlu adanya sebuah perbaikan ke depan untuk memunculkannya kembali.

Adanya keinginan yang berarti untuk menuju suatu tujuan ke dalam suatu perubahan yang positif. Dengan selalu berpandangan ke depan dan menjadikan evaluasi sebagai pertimbangan perbaikan untuk kemajuan bersama. Berpegangan pada identitas mahasiswa dengan mengetahui fungsi dan peran mahasiswa yang sesungguhnya merupakan bekal awal dalam melangkah menuju perbaikan yang lebh berarti.

Oleh karena itu, perlu ada sebuah perubahan untuk bisa berperan serta dalam perbaikan ke depan. Yang nantinya akan memberikan kontribusi dalam perubahan yang nyata, sehingga terwujudnya tataran yang ideal dalam kompetensi serta keluasan dalam berpikir yang berintelektual tinggi dan dinamis dalam berorientasi.

Dan kesungguhan dalam berusaha pun harus tertancap dalam dada yang berkobar yang berujung pada motivasi yang tinggi menuju satu keserasian.

Hidup Mahasiswa!!

About these ads

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.